01212017Sat
Last updateMon, 31 Aug 2015 7am

Hanya Ada Calon Tunggal, Pilkada Jangan Ditunda

Kehadiran bakal calon tunggal dalam pilkada serentak patut dihormati dan dihargai sepanjang telah melalui proses atau tahapan yang ada.

Penghargaan tersebut didasari pertimbangan parpol pengusung atau calon perseorangan telah dengan sadar dan sungguh-sungguh menjalani setiap proses yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

 

Pertimbangan lain yaitu menghindari adanya penundaan penyelenggaraan pilkada yang berdampak pada pengangkatan penjabat kepala daerah untuk jangka waktu tertentu. Sementara kedudukan dan peranan penjabat tidak dapat mengambil keputusan strategis, yang pada gilirannya menghambat layanan publik.

"Oleh karenanya, dalam hal hanya ada calon tunggal, tahapan pilkada tetap dijalani atau tidak ditunda. Biarlah masyarakat (melalui pemilih) sang pemilik kedaulatan sebagai pemutus akhir, apakah akan tetap memilih calon tunggal atau memilih kotak kosong," demikian disampaikan pakar hukum tata negara UKSW Salatiga Umbu Rauta, kepada SP, Minggu (9/8).

Menurut Umbu, tanggung jawab yang mesti dijalani parpol tidak elok jika ditimpakan kepada publik, sehingga mereka harus menunda penyaluran hak pilih mereka.

"Kalaupun ditunda, maka jangan menunggu pilkada serentak berikutnya, tetapi penundaan untuk jangka waktu tertentu, misalnya paling lama 3 bulan, sehingga mereka tetap menjalani pilkada untuk menghindari kekosongan jabatan kepala daerah yang terlalu lama," tegasnya.

Gagasan penundaan ini, tegas Umbu, perlu menjadi agenda perubahan perundang-undangan, baik pada tataran undang undang dan peraturan KPU.

Kerugian penundaan pilkada yaitu tidak adanya kepala daerah dan wakil kepala daerah definitif, sehingga mengganggu kegiatan pembangunan dan pemerintahan.

Konsekuensi hukumnya, penjabat kepala daerah tidak dapat mengambil keputusan atau kebijakan strategis. Kecuali ada beleids dari Kemendagri sebagai langkah progresif untuk memungkinkan penjabat kepala daerah mengambil tindakan selayaknya seorang kepala daerah definitif.

 


sumber : beritasatu.com

Bingo sites http://gbetting.co.uk/bingo with sign up bonuses