02202017Mon
Last updateMon, 31 Aug 2015 7am

KPUD Harus Sampaikan Dokumen Pasangan Calon Pilkada ke Publik

 Penetapan pasangan calon (paslon) kepala daerah akan dilakukan hari ini, Senin, 24 Agustus 2015. Bila pasangan calon ada dua atau lebih maka pengundian nomor urut dilakukan esoknya, 25 Agustus 2015.

Peneliti JPPR Masykuruddin Hafidz meminta KPU daerah agar bersamaan dengan penetapan paslon, segera menyampaikan dokumen ke publik terkait informasi yang membuktikan paslon lolos dari seluruh persyaratan.

 

"Informasi dapat disampaikan langsung ke publik, diikuti dengan pengumuman di laman resmi KPUD atau menitipkan di laman KPU RI. Penyampaian ini untuk membuktikan keterbukaan dan independensi KPU dalam proses verifikasi pasangan calon," ujar Masykuruddin kepadaBeritasatu.com, Senin (24/8) pagi.

Penyampaian informasi juga, katanya diberlakukan kepada paslon yang tidak lolos disertai dengan penjelasan yang rinci mengapa dan apa saja yang menjadi penyebab sehingga pasangan calon tersebut tidak memenuhi syarat sebagai paslon.

"Tindakan penyampaian informasi publik ini penting karena seringkali konflik dalam skala kecil ataupun besar dalam hal pencalonan disebabkan karena ketertutupan penyelenggara Pemilu," jelasnya.

Lebih lanjut, Masykuruddin mengungkapkan bahwa kebutuhan akan rencana untuk gugatan juga berdasarkan kepada keterbukaan KPU ini. Bagi Panwas, katanya siap-siaplah dengan segala laporan yang dilakukan paslon yang tidak lolos. Standar penyelesaian gugatan harus berlaku adil dan setara antar satu daerah dengan daerah lainnya sehingga koordinasi dengan Bawaslu menjadi penting.

"Bila penanganan Panwas atas gugatan ternyata praktiknya berbeda-beda, tumpang tindih atau bahkan bertolak belakang satu sama lain maka kekacauan lanjutan sangat mungkin terjadi. Jika itu yang berlaku, tahapan Pilkada akan kembali terganggu," tandasnya.


sumber : beritasatu.com

Bingo sites http://gbetting.co.uk/bingo with sign up bonuses